RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB :
Benda-benda di Lingkungan Sekitar/Wujud Benda dan Cirinya/2
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis,
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
BAHASA
INDONESIA
3.1
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan
rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1
Menggali informasi dari bacaan tentang
perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1.
Menyajikan hasil pengamatan mengenai bukti pengaruh kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya
PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola
gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.1.1
Menyebutkan cara melakukan
berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke
teman.
4.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak
dasar yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1.1
Menggunakan berbagai
keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman.
SBdP
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam
berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
3.4.1 Mengenal jenis-jenis karya kerajinan dari
berbagai daerah di nusantara
3.4.2 Mengenal
berbagai karakter topeng
4.4 Membuat
topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan
4.4.1 Melakukan studi pustaka
tentang kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia
IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di
alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan
manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
3.4.1 Mendeskripsikan
sifat-sifat benda padat, cair, dan gas
4.7 Menyajikan
hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat
ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan
tersebut tidak diatasi
4.7.1 Menyajikan hasil laporan
pengamatan perubahan wujud benda
C. Tujuan Pembelajaran.
1.
Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama
siswa dapat memahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
2.
Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari dengan cermat dan
teliti.
3.
Dengan memperhatikan teks siswa memahami pentingnya pemanasan
sebelum memulai permainan atau olahraga inti dengan penuh sikap disiplin.
4.
Dengan mempelajari teknik dasar bermain bola basket siswa terampil
dalam mempraktekan teknik dasar bermain bola basket dengan benar dan sportif.
5.
Dengan melakukan percobaan untuk menguji perubahan wujud benda
dengan sistematis dan penuh rasa ingin tahu siswa dapat mengetahui dan
menjelaskan wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran
logis dengan cermat dan teliti.
6.
Dengan melakukan percobaan secara mandiri siswa dapat membuat
laporan pengamatan sederhana secara sistematis dan komunikatif.
7.
Siswa dapat mempresentasikan hasil laporan pengamatan dengan sikap
percaya diri.
8.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengisi
tabel isian kosa kata dan mencari arti kata kosa kata baku dan tidak baku
dengan teliti.
9.
Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat
menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan memberikan pendapat yang
logis tentang teks bacaan yang telah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
10.
Dengan melakukan studi literatur siswa dapat
mengenal kerajinan khas topeng di daerah masing-masing dan mencatat hasil
penemuan mereka dengan sistematis, sikap bangga dan mencintai karya seni
sendiri.
D. Materi Pembelajaran
1.
Teknik dasar bermain Bola Basket
2.
Bentuk-Bentuk Perubahan Wujud Benda
3.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
4.
Kosakata baku dan tidak baku
5.
Kerajinan Tradisional Wayang Golek
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mencoba,
menalar dan mengkomunikasikan]
2.
Metode : diskusi, tanya jawab
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Gambar orang kerusakan hutan
2.
Alat : Bola Basket
3.
Sumber belajar :
-
Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema I “Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-
Maryanto, dkk. 2014. Buku Guru Kelas V Tema I “Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu
siswa.
2.
Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan
dipelajari.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Mulai kegiatan dengan membaca
seksama sebuah ilustrasi tentang kegiatan berolahraga dan fasilitas peralatan
yang dilakukan. [Mengamati]
2.
Guru mensosialisasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran ini. [Mengamati]
3.
Guru menstimulus rasa ingin tahu
siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti yang tertera
dalam lembar yang telah disediakan :
-
Gambar apa yang kamu lihat?
-
Peralatan apa yang digunakan?
-
Dimana mereka berolahraga?
-
Apa yang harus mereka lakukan
sebelum berolahraga?
[Mengamati, Menanya]
4.
Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa
sesuai hasil pengamatan pada ilustrasi gambar. [Mengkomunikasikan]
5.
Siswa diminta mengamati
ilustrasi gambar tentang pemanasan yang telah disediakan. [Mengamati]
6.
Siswa diminta berdiskusi dan
menyampaikan pendapat mereka tentang manfaat melakukan pemanasan sebelum
melakukan olahraga inti sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. [Menanya, Mengkomunikasikan]
7.
Siswa diminta memperhatikan
gambar dan membaca seksama teori dan keterampilan menggunakan bola besar
dalam sebuah permainan. [Mengamati,
Mengumpulkan informasi/eksperimen]
8.
Setelah membaca, siswa diminta
berdiskusi tentang cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencetak angka dalam
permainan bola besar. [Menanya,
Mengumpulkan informasi/eksperimen]
9.
Setelah memahami teori
menggunakan bola besar dalam sebuah permainan, siswa diminta keterampilan
menggunakan bola besar dalam sebuah permainan. [Mengasosiasikan/Mengolah informasi]
10.
Siswa diminta mencatat hasil
latihan mereka dalam lembar catatan yang telah disediakan. [Mengumpulkan informasi/eksperimen]
11.
Siswa diminta
berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman, orangtua maupun anggota
keluarga mereka. [Mengasosiasikan/Mengolah informasi]
12.
Siswa membaca cara melakukan
teknik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola besar (dalam permainan
basket). [Mengamati, Mengumpulkan
informasi]
13.
Guru memberikan contoh cara
melakukan teknik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola (dalam
permainan bola basket). [Mengamati, Mengumpulkan
informasi]
14.
Siswa memperhatikan dengan
seksama peragaan yang dilakukan oleh guru. [Mengamati, Mengumpulkan informasi]
15.
Siswa mempraktekan secara
berpasangan. [Mengumpulkan
informasi/eksperimen]
16.
Siswa membaca
cara melakukan teknik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola besar
(dalam permainan basket). [Mengumpulkan informasi/eksperimen]
17.
Siswa mengamati gambar yang
disediakan (Gambar es di dalam plastik yang mencair). [Mengamati, Mengumpulkan informasi/eksperimen]
18.
Guru memancing rasa ingin tahu
siswa dengan mengajukan pertanyaan:
-
Apa penyebab es berubah menjadi
air?
-
Apa kalian pernah melihat
langsung kejadian tersebut?
[Mengamati, Menanya]
19.
Siswa menjawab pertanyaan secara
mandiri langsung didepan kelas. [Mengkomunikasikan]
20.
Guru secara interaktif
menjelaskan tentang bentuk-bentuk perubahan wujud benda. [Mengamati]
21.
Siswa kemudian bekerja secara
kelompok beranggotakan 4 orang. [Mengamati,
Mengumpulkan informasi/eksperimen]
22.
Siswa mengamati beberapa jenis
wujud benda yang telah mereka ketahui. [Mengamati]
23.
Siswa diminta berdiskusi dan
menuliskan hasil pemahaman mereka tentang wujud benda, sifat benda dan
memberikan contohnya, serta perubahan wujud benda. [Menanya, Mengumpulkan informasi/eksperimen]
24.
Siswa
selanjutnya melakukan percobaan dengan beberapa petunjuk aktivitas yang telah
diberikan. Siswa diperbolehkan bereksplorasi menggunakan bahan yang berbeda
dan memberi perlakuan yang berbeda. [Mengumpulkan
informasi/eksperimen]
25.
Siswa diminta
mengamati proses dalam percobaan dan menulisnya dalam bentuk suatu laporan. [Mengamati]
26.
Siswa
mempresentasikan hasil percobaan dan laporan mereka di depan kelas. [Mengkomunikasikan]
27.
Siswa diminta untuk
mengamati gambar dan pesan slogan dengan seksama. [Mengamati]
28.
Siswa kemudian membaca
seksama beberapa tindakan atau perlakuan manusia di lingkungannya. [Mengamati, Mengumpulkan
informasi/eksperimen]
29.
Siswa memilih dan
menempatkan perlakuan yang sesuai di kolom yang disediakan. [Mengasosiasikan/Mengolah informasi]
30.
Siswa diminta
mendiskusikan dan menjelaskan akibat yang ditimbulkan dari perlakuan tersebut
dalam kolom yang telah disediakan. [Menanya, Mengumpulkan informasi/eksperimen]
31.
Siswa diminta untuk
membaca bersuara teks bacaan secara bergantian dengan memperhatikan kejelasan
lafal, volume suara, dan intonasi yang bervariasi. [Mengamati, Mengkomunikasikan]
32.
Siswa diminta
berdiskusi dan memberikan pendapat tentang tentang informasi penting/ pesan
yang ada dalam bacaan tersebut. [Menanya, Mengkomunikasikan]
33.
Siswa diminta mencari kosakata
baku dan tidak baku yang tidak mereka pahami dari bacaan kemudian menuliskan
artinya. [Mengumpulkan
informasi/eksperimen]
34.
Siswa diminta untuk
menulis daftar kosakata di kolom yang telah disediakan. [Mengasosiasikan/Mengolah informasi]
35.
Siswa kemudian diminta
untuk memahami permasalahan penting dari teks bacaan dan menuliskan informasi
penting yang mereka dapatkan. [Mengamati,
Mengasosiasikan/Mengolah informasi]
36.
Siswa diminta membaca dan memahami teks bacaan
yang telah disediakan tentang karya seni tradisional topeng. [Mengamati]
37.
Siswa membaca petikan informasi yang menjelaskan
salah satu jenis kesenian tradisional, yakni wayang kulit dan wayang golek. [Mengamati, Mengasosiasikan/Mengolah
informasi]
38.
Selanjutnya siswa diminta untuk memperluas
eksplorasi dengan mengamati dan mencari tahu salah satu jenis kesenian
tradisional di daerahnya. [Mengumpulkan informasi/eksperimen]
39.
Siswa melakukan studi literature sederhana dari
berbagai surat kabar, majalah atau internet untuk melengkapi tabel hasil
studi pustaka mereka dan mencari tahu berbagai macam jenis dan karakter
topeng, materi dan teknik pembuatnnya maupun ciri atau karakteristik
khususnya. [Mengamati, Mengumpulkan informasi/eksperimen]
40.
Siswa menuliskan informasi yang telah mereka
dapatkan dalam tabel yang telah disediakan. [Mengumpulkan informasi/eksperimen]
41.
Siswa diminta untuk mengingat kegiatan
pembelajaran hari ini dan kembali mengaitkan dengan tema yang sedang mereka
pelajari [Mengamati, Mengasosiasikan/Mengolah
informasi]
42.
Siswa diminta untuk merefleksikan penguasaan
mereka tentang pembelajaran untuk kemudian diberikan catatan dan komentar
orang tua. [Mengamati, Mengasosiasikan/Mengolah informasi]
43.
Siswa mengamati dan
mencari bukti kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara
pencegahannya. [Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi/eksperimen]
44.
Selesai melakukan
pengamatan, siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia pada buku
siswa. [Mengasosiasikan/Mengolah informasi]
45.
Untuk mengoptimalkan
kerja sama, siswa dapat berbagi peran dan tugas dengan orang tuanya. [Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi/eksperimen]
|
190
Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan
tentang Teknik dasar bermain Bola Basket, Bentuk-Bentuk Perubahan Wujud Benda,
Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Kosakata baku dan tidak baku, Kerajinan
Tradisional Wayang Golek.
2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan
belajar hari ini.
3.
Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu, percaya
diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
b.
Penilaian Pengetahuan
c.
Penilaian Keterampilan
........ ,
.......................... 2014
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
................................................ .............................................
0 komentar:
Posting Komentar