SILABUS
SMA - WAJIB
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI 3:Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat
dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14
Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat
dibicarakan umum
|
Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara
bertanggung jawab
Struktur teks
a. Menyebutkan pokok permasalahan
terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b. Menyebut-kan pandangan /
pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi sebagai pendukung
c. Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap
hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
-
Kalimat Simple Present
-
Conditional Clauses
- Modals
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis yang diberikan/ diperdengarkan guru
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks eksposisi analitis
Menanya
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari berbagai sumber.
·
Siswa berlatih menemukan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi analitis
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan
runtut
· Siswa membacakan
teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
·
Secara berpasangan siswa
menganalisis beberapa teks eksposisi dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·
Siswa membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan
mendengarkan
·
Berkelompok, siswa bertukar cerita tentang teks eksposisi dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·
Siswa mempresentasikannya di kelas
·
Membuat laporan evaluasi
diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks eksposisi selama proses pembelajaran
di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami
dalam jurnal belajar.
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks eksposisi analitis
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Kinerja (Praktik)
· Melakukan monolog dari teks eksposisi analitis yang ditemukan
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan
dalam menyampaikan tips
observasi:
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
·
Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai,dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks eksposisi
analitis
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan dan kesesuaian
menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
dalam mempelajari teks eksposisi analitis
·
Kumpulan hasil tes dan latihan.
·
Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaiansejawat, berupa
komentar
ataucara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: jurnal
belajar
|
8 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah berbahasa
Inggris
·
Sumber dari internet:
|
0 komentar:
Posting Komentar