Kamis, 16 Juli 2015

CONTOH SILABUS BAHASA INGGRIS SMA KELAS XI

SILABUS SMA - WAJIB

Mata Pelajaran               : BAHASA INGGRIS

Kelas                              :  XI

Kompetensi Inti              :

KI   1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI  3:Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI   4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum


Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a.  Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b.  Menyebut-kan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi sebagai  pendukung
c. Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
-    Kalimat Simple Present
-    Conditional Clauses
-    Modals
Mengamati
·      Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis  yang diberikan/ diperdengarkan guru 
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·      Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis
Menanya
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·      Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari berbagai sumber.
·      Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·      Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
·      Siswa membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
·      Secara berpasangan siswa  menganalisis beberapa teks eksposisi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·      Siswa membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan mendengarkan
·      Berkelompok, siswa bertukar cerita tentang teks eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·      Siswa mempresentasikannya di kelas
·      Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari  teks eksposisi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami dalam jurnal belajar.
Kriteria penilaian:
·  Pencapaian fungsi sosial
·  Kelengkapan dan keruntutan struktur teks eksposisi analitis
·  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Kinerja (Praktik)
·     Melakukan monolog dari teks eksposisi analitis yang ditemukan
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyampaikan tips
observasi:
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
·      Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,dalam melaksanakan komunikasi
·    Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks eksposisi analitis
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar dalam mempelajari teks eksposisi analitis
·    Kumpulan hasil tes dan latihan.
·     Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaiansejawat, berupa komentar ataucara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: jurnal belajar
   8 JP
·     CD/ Audio/ VCD
·     Koran/ majalah berbahasa Inggris
·     Sumber dari internet:



Share:

0 komentar:

Posting Komentar